Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Merdeka Belajar ? Konsep Lengkap Merdeka Belajar

Merdeka Belajar

belajarbersama.info - Masih ingatkah kamu, pidato yang dibawakan oleh Pak Nadiem, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan?. Dalam isi pidato tersebut, Beliau mengusulkan program Merdeka Belajar. Nah kali ini kita bakal kupas tuntas mengenai Konsep Merdeka Belajar, Kenapa Muncul Sebuah Program Tersebut? dan Pro-Kontra dari Program Merdeka Belajar.

Konsep Merdeka Belajar

Merdeka Belajar di susun oleh dua kata yaitu merdeka, dan belajar. Merdeka yang artinya bebas, lepas, tidak ada tekanan, dan lain-lain. Sedangkan Belajar artinya berlatih, mencoba, mendapatkan ilmu, dan lain-lain. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Merdeka Belajar adalah suatu gagasan baru untuk mendapatkan ilmu tanpa adanya tekanan. 

Kenapa Muncul Sebuah Program Seperti Itu ?

Pemerintah ingin membuat gebrakan baru di Indonesia khususnya bidang Pendidikan. Pak Nadiem ingin menciptakan suasana belajar tanpa ada tekanan, tanpa ada yang terbebani dan lain sebagainya. Nah pasti kamu timbul sebuah pertanyaan di benak kamu "Emang sistem belajar sebelumnya ada pihak yang terbebani?". Hmm ada gak yah,hehe. Menurut Admin sih ada, sistem pendidikan sebelumnya membuat para siswa terbebani, pasalnya sistem tersebut lebih dominan menekankan aspek pengetahuan dari pada aspek keterampilan. Sehingga membuat para siswa menjadi stress, terbebani, dan lain sebagainya. Padahal tidak semua siswa memiliki daya pikir yang sama, pasti ada yang kurang di aspek pengetahuan tapi lebih jago di aspek keterampilan, ataupun sebaliknya. Hal inilah yang pemerintah ingin perbaiki.

Pro-Kontra Program Merdeka Belajar

Negara kita adalah negara demokrasi, yang artinya setiap warga negara Indonesia berhak untuk ikut campur dalam urusan negara, tak terlepas dari program merdeka belajar. Tentu ada pro dan kontranya, namun dengan adanya pro dan kontra tersebut, menjadi bukti bahwa warga negara Indonesia berpartisipasi dalam menjalankan demokrasi Indonesia.

Seorang guru mengajar di SMAN 1 Cikalong ikut menanggapi program Merdeka Belajar, beliau mengatakan dengan adanya program ini, mungkin akan membantu para guru untuk meringankan sedikit kesibukan, seperti kesibukan administratif, penyusunan program tahunan sekolah, dan lain-lain. Sementara salah satu Anggota Komisi X Fraksi PAN DPR, Pak Zainuddin Maliki, ikut menanggapi program tersebut, namun tidak mendukung melainkan mengkritik. Menurut Pak Zainuddin program tersebut tidak terstruktur dengan rapi melainkan lompat-lompat. Seharusnya urutan yang sesuai ialah zonasi, RPP, lalu yang terakhir hasil USBN, dan UN.

Kesimpulan

Merdeka Belajar adalah suatu gagasan baru untuk mendapatkan ilmu tanpa adanya tekanan. Pemerintah ingin meringankan beban seorang guru, dan merubah sistem tolak ukur terhadap siswa. Dengan adanya program tersebut, tentu ada Pro dan Kontra, tapi kita sebagai masyarakat Indonesia, sudah sepatutnya ikut mendukung program tersebut. Mungkin saja program tersebut adalah solusi terbaik di bidang pendidikan Indonesia.

Untuk Kamu yang sedang mencari pembuatan mesin es batu kristal, admin rekomen banget ni di mesinesbatukristal.com .Pasalnya jasa pembuatan mesin es batu kristal tersebut sudah berdiri sejak tahun 2012 dan tentu sudah terpercaya. Jadi buruan tunggu apalagi...



prayoga
prayoga ~ orang biasa