Cara Strategis Pembelajaran Daring Yang Efektif Sebelum Kembali Tatap Muka - Belajar Bersama -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Strategis Pembelajaran Daring Yang Efektif Sebelum Kembali Tatap Muka

belajarbersama.info - Pandemi COVID-19 yang telah melanda sejak akhir tahun 2019 sampai sekarang. Ada banyaknya 193 negara yang telah berjuang menghadapi virus berbahaya dari COVID-19 ini karena menyerang dengan tidak pandang bulu. 

Penyakit virus Corona atau COVID-19 merupakan penyakit yang menular dan disebabkan oleh jenis virus yang baru ditemukan. Dari data bisa kita lihat faktanya bahwa virus corona ini bisa menyerang siapa saja. Dari anak-anak bahkan orang yang sudah lanjut usia. 

Coronavirus dapat menyebabkan dampak yang buruk pada tubuh seperti gangguan ringan di sistem pernapasan, menyebabkan infeksi pada paru-paru yang berat, bahkan kematian. 


Nah, tentu saja sekolah harus mengupayakan cara lain untuk mencegah penyebaran virus Corona ini, dan akhirnya pemerintah mau tidak mau harus mengeluarkan kebijakan agar siswa tetap bisa belajar namun dari rumah atau dikenal dengan istilah daring (sekolah jarak jauh). Terhitung mulai dari 16 Maret 2020 sampai sekarang sekolah sudah menerapkan metode tersebut untuk pembelajaran siswa dari jarak jauh. 

Namun, apakah efektif pembelajaran dengan sistem daring ini untuk siswa?. 
Pembelajaran dengan sistem daring sebagai pilihan utama dalam mencegah penyebaran virus berbahaya COVID-19 ini. Hal tersebut seperti memberi kehidupan lagi untuk para siswa pada masa perjuangan melawan virus ini. Bahkan pada sistem pembelajaran ini juga bisa dimaknai sebagai pembatasan akses pada pendidikan. Pendidikan yang umumnya berlangsung dengan cara interaksi secara langsung atau tatap muka antara guru dan peserta didik, kini beralih sementara menjadi pembelajaran dengan interaksi tidak langsung. 

Pembatasan ini pun terjadi di situasi tertentu, seperti pembatasan sosial yang sedang dilaksanakan guna menghindari terjadinya penyebaran virus berbahaya ini dengan cara meminimalisirkan kerumunan. Sistem pendidikan daring (dalam jaringan) ini merupakan sistem pembelajaran secara jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung antara guru dengan siswa, jadi pembelajaran dilakukan secara online yang melalui aplikasi seperti Google Meet atau Zoom


Pihak guru pun harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun dengan cara pembelajaran jarak jauh. Namun, guru tetap dituntut dapat mendesain sistem pembelajaran yang memanfaatkan media sebagai inovasi dalam daring ini. 

Selama kurang lebih 16 bulan, siswa mau tidak mau harus melaksanakan pembelajaran secara daring guna menekan penyebaran virus Corona. Karena tidak seperti sekolah seperti biasanya, dengan pandemi ini membuat banyak siswa mengeluh karena sistem pembelajaran daring yang kurang efektif dibandingkan dengan sekolah tatap muka. Gangguan-gangguan pun banyak dirasakan siswa pada saat belajar di rumah seperti tidak punya HP/laptop dan koneksi internet yang memadai. Namun, selain kedua hal tersebut siswa juga kerap kali merasa bosan saat belajar di rumah karena tidak ada interaksi langsung dengan guru. 

Jika sudah seperti itu, bagaimana pembelajaran tetap bisa efektif selama pandemi belum usai? Simak beberapa caranya supaya pembelajaran daring sebelum tatap muka ini bisa efektif dan maksimal. 

4 Cara Strategis Pembelajaran Daring Yang Efektif Sebelum Kembali Tatap Muka

4 Cara Strategis Pembelajaran Daring Yang Efektif Sebelum Kembali Tatap Muka


1. Buat Manajemen Waktu. 

Sebagai seorang pengajar, sudah seharusnya bisa mengatur manajemen waktu yang baik. Buatlah jadwal atau lesson plan dengan menuliskan apa saja yang harus dikerjakan dan diselesaikan dalam satu hari. Mempunyai target yang perlu dicapai itu penting, supaya pembelajaran semakin terarah dan efektif dilakukan. 


Dengan membuat manajemen waktu yang baik, materi-materi pembelajaran pun sudah semestinya bisa diterima siswa dengan baik juga. 

2. Suasana Ruang Belajar Yang Nyaman. 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat pembelajaran daring di masa pandemi, yaitu ruang belajar yang nyaman. Pilihlah ruangan yang juga bisa meningkatkan fokus. Disarankan untuk tidak memilih ruang belajar yang menjadi satu dengan kamar tidur karena hal tersebut bisa menurunkan fokus, dan membuat rasa menjadi malas karena rasa ingin tiduran jadi lebih besar dari pada belajar. Pilihlah ruangan yang nyaman dan juga tidak bising sehingga proses pembelajaran bisa berjalan efektif dengan minimnya suara gangguan. 

3. Jangan Menunda-nunda. 

Jika sudah membuat manage waktu, selanjutnya harus konsisten dengan jadwal yang sudah ada. Jadwal dan target yang sudah dibuat harus berguna supaya nantinya jadi tidak menunda- nunda mengerjakan sesuatu. Jadi dalam proses pembelajaran daring, meskipun semuanya dikerjakan dari rumah, tetapi harus menyelesaikan target dan jadwal yang sesuai supaya jadi efektif. 

4. Tetap Jaga Kesehatan. 

Hal berikutnya yang penting dilakukan yaitu menjaga kesehatan di sela-sela pandemi ini. Untuk lebih bugar dan semangat dalam belajar di masa pandemi ini, tentunya juga harus tidur yang cukup dan berkualitas serta melakukan olahraga yang teratur baik di pagi hari atau sore hari. 

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan dan juga vitamin. Vitamin yang sekarang lebih banyak dibutuhkan untuk meningkatkan imun tubuh adalah Vitamin C dan Vitamin D. 


Nah, jadi poin 4 di atas bisa meningkatkan keefektifan belajar selama daring. Ketika semua itu dilakukan, metode-metode pembelajaran pun jadi lebih mudah dilakukan. Metode-metode yang bisa dilakukan selama daring seperti: Daring Method, Project Based Learning, Home Visit Method, Luring Method, Blended Learning dan juga Integrated Curriculum. 


Mengingat kondisi pandemi ini belum tahu sampai kapan berakhirnya, metode-metode pembelajaran di atas bisa dijadikan opsi supaya pembelajaran pun tetap efektif. Diharapkan dengan adanya metode dan 4 cara di atas, sistem pendidikan di Indonesia tetap berjalan dengan baik meskipun harus dilakukan tidak tatap muka. Selain itu diharapkan juga semuanya berjalan maksimal dan efektif, baik untuk guru maupun siswa.

Post a Comment for "Cara Strategis Pembelajaran Daring Yang Efektif Sebelum Kembali Tatap Muka"