7 Kesalahan Yang Sering di Lakukan Saat Mendaftar Jalur Masuk Kuliah SNMPTN. - Belajar Bersama -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kesalahan Yang Sering di Lakukan Saat Mendaftar Jalur Masuk Kuliah SNMPTN.

belajarbersama.info - SNMPTN adalah salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi yang dimana kamu bakal di undang untuk berkuliah tanpa melaksanakan sebuah test. Tentu jalur ini sangat amat di dambakan oleh calon mahasiswa. Namun untuk hal itu terjadi pada diri kamu, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan kesalahan yang harus di hindari. Nah pada kali ini, kita bakal membahas tuntas mengenai 7 Kesalahan Fatal Yang Sering di Lakukan Saat Mendaftar Jalur Masuk Kuliah SNMPTN. 

Kesalahan Yang Sering di Lakukan Saat Mendaftar Jalur Masuk Kuliah SNMPTN.


1. Kurang Informasi Tentang SNMPTN.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau kerap dikenal LTMPT merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dimana lembaga tersebut memiliki wewenang dalam penyelanggaraan tes masuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Nah karna bentuknya lembaga pemerintahan, tentu ada kemungkinan perubahan yang bisa terjadi sewaktu-waktu terkait sistem penyeleksian, syarat, dan lain-lain tergantung pihak LTMPT tersebut. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kita harus lebih rajin untuk mencari informasi tentang jalur tes perguruan tinggi yang ingin kita laksanakan termasuk SNMPTN.

2. Salah Mengumpulkan Berkas.

Selanjutnya kesalahan umum yang kerap dilakukan yaitu salah mengumpulkan berkas yang diminta. Misal nih yah, pihak penyelenggara yaitu LTMPT meminta kamu mengunggah foto formal dengan ukuran tertentu, kamu malah mengunggah foto yang tidak sesuai permintaan. Kesalahan ini dapat mempengaruhi peluang kamu keterima jalur tersebut. Jadi harus hati-hati yahh.

Baca Juga : Panduan SIAK Universitas Pancasila

3. Kurang Teliti Mengisi Data.

Pada saat kamu ingin melaksanakan jalur masuk perguruan tinggi SNMPTN, tentu kamu harus melewati berberap tahap termasuk pengisian data. Mungkin kamu menganggap hal ini sepele, namun harus kamu ketahui banyak pelajar yang tidak lolos jalur SNMPTN bukan karna nilai raport rendah, tapi karna kurang teliti saat pengisian data yang diminta. Misal pengisian NISN, PDSS, dan lain-lain. Jadi harus di cek ulang yah saat selesai pengisian data. 

4. Salah Memilih Jurusan Kuliah.

Saat kamu ingin memilih jurusan kuliah, tentu banyak hal yang harus kamu pertimbangkan mulai dari minat bakat, keinginan pribadi, prospek kerja, dan lain sebagainya. Tentu kamu harus berhati-hati dalam hal ini, karna saat kamu salah memilih jurusan kuliah, bakal sangat berefek nantinya saat mengenyam pendidikan kuliah. 

5. Penempatan Jurusan Kuliah Yang Salah.

Selanjutnya kesalahan yang sering dilakukan oleh pelajar saat mendaftar jalur masuk perguruan tinggi SNMPTN yaitu salahnya penempatan jurusan kuliah. "Maksudnya gimana min?". Gini admin kasih tau, SNMPTN jalur masuk perguruan tinggi yang biasanya memberi kesempatan memilih dua jurusan kuliah di perguruan tinggi yang berbeda. Biasanya calon mahasiswa yang berhasil menempatkan jurusan pertama sebagai prioritas dan jurusan kedua sebagai altenatif, namun bukan berarti jurusan kedua tidak bagus yah, tetapi di jurusan kedua memiliki peluang terimanya lebih besar dari pada jurusan pertama.

Solusinya agar kamu tau jurusan mana yang memiliki peluang jurusan kuliah terima lebih besar, tak lain yaitu, Giat mencari informasi. Setelah kamu memiliki informasi yang banyak, informasi tersebut bisa menjadi momentum kamu saat pemilihan jurusan kuliah di jalur SNMPTN sehingga peluang keterima lebih besar.

6. Membocorkan Jurusan Yang Kamu Pilih Kepada Teman.

Selanjutnya nih kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh calon mahasiswa yaitu membocorkan jurusan kuliah yang kamu inginkan ke orang lain atau teman kamu. Perlu kamu ketahui bahwa jika kamu ingin masuk perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, berarti seluruh pelajar kelas 12 SMA adalah saingan mu, termasuk teman kamu sendiri. Jadi kamu harus membedakan urusan pertemanan, dan urusan pribadi.

7. Terlalu Berharap di Jalur Masuk SNMPTN.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk masuk perguruan tinggi tidak hanya melewati jalur SNMPTN, tetapi ada juga SBMPTN, dan Jalur Mandiri yang diselanggarakan oleh pihak kampus itu sendiri. Jika kamu ingin memperbesar peluang kamu keterima di perguruan tinggi yang kamu inginkan, kamu harus mencoba semua jalur tersebut.


Nah itulah 7 Kesalahan Fatal Yang Sering di Lakukan Saat Mendaftar Jalur Masuk Kuliah SNMPTN. Share ke teman-teman kamu jika bermanfaat. Good Luck:)

Post a Comment for "7 Kesalahan Yang Sering di Lakukan Saat Mendaftar Jalur Masuk Kuliah SNMPTN."