Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Perguruan Tinggi Kedinasan Untuk Jurusan IPS Terbaik 2021/2022

nstitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

belajarbersama.info - Sekolah Menengah Atas (SMA) sesederajat pada dasarnya memiliki dua jurusan di dalamnya, yaitu IPA dan IPS. Jurusan IPA ini umumnya lebih populer dari jurusan IPS karena memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. 

Namun, hal tersebut tidaklah benar lho. Bukan berarti anak dari jurusan IPS tidak memiliki masa depan yang cerah. Sebab, ada banyak pilihan perguruan tinggi yang cocok untuk jurusan IPS, contohnya perguruan tinggi kedinasan. 

Pilihan Perguruan Tinggi Kedinasan Jurusan IPS 

Bagi kamu anak jurusan IPS yang masih bingung untuk melanjutkan studi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba sekolah kedinasan. Sekolah tersebut memiliki prospek yang cerah karena menjamin lulusannya untuk langsung bekerja. Maka dari itu simaklah 6 sekolah kedinasan favorit di bawah ini. 

1. Institut Pemeritahan Dalam Negeri (IPDN) 

Tidak diragukan lagi, perguruan tinggi yang satu ini telah dikenal sejak dahulu. Hal ini dikarenakan prospek karir lulusannya dapat dipastikan cerah dan menjanjikan. 

Bisa dibilang sekolah yang dikomandoni Kementrian Dalam Negeri ini selalu ramai peminat. Bahkan tidak sedikit dari pendaftar yang gagal mendaftar rela menunggu tahun-tahun berikutnya untuk mendaftar ulang. 


Sekolah ini memiliki kredibilatas tinggi, karena mahasiswanya dipersiapkan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara yang kompeten dalam menghadapi banyak permasalahan. Beberapa jabatan akan didapatkan mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di perguruan tinggi ini. 

Taruna dan taruni dari sekolah ini dapat bekerja di bidang pemerintahan, seperti pegawai pemerintahan kota, pegawai pemerintahan provinsi, bahkan pemerintahan nasional. Lulusan dari perguruan tinggi ini juga banyak yang menjadi polisi pamong praja di wilayah masing- masing maupun nasional. 

2. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN tentu tidaklah asing bagi kebanyakan orang. Perguruan tinggi ini berlokasi di daerah Bintaro, Tangerang dan dinaungi secara langsung oleh Kementrian Keuangan. 

Perguruan tinggi ini memfokuskan mahasiswanya untuk menjadi tenaga ahli dalam bidang keuangan, administrasi dan manajemen keuangan, bea cukai dan juga perpajakan negara. Tentu hal tersebut sangat cocok bagi kamu lulusan dari jurusan IPS. 


Lulusan dari sekolah ini mendapatkan jaminan masa depan yang cerah karena dapat bekerja di lingkungan departemen keuangan negara dengan gaji yang fantastis. Sehingga, bukan hal yang aneh apabila sekolah ini termasuk perguruan tinggi kedinasan jurusan IPS yang favorit. 

Adapun untuk persyaratan masuknya, kamu harus memiliki skor UTBK yang masuk dalam kategori TPS ataupun TPA Soshum. Sehingga, kamu wajib mengikuti tes UTBK terlebih dahulu di LTMPT. 

3. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan 

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan adalah sekolah yang dikelola oleh kementrian hukum dan hak asasi manusia. 

Di sekolah ini para mahasiswanya dipersiapkan untuk bekerja menangani lembaga-lembaga pemasyarakatan pemerintah. Karena pada dasarnya para pelanggar hukum perlu dibina agar dapat kembali diterima masyarakat. 


Kebutuhan tenaga kerja di sektor tersebut umumnya sangat tinggi, oleh karena itu tentunya prospek masa depannya sangat menjanjikan dan pendapatannya cukup besar. 

Akan tetapi, sistem pembelajaran di perguruan tinggi ini sangatlah ketat. Pendidikan dilakukan dengan sistem militer, sehingga taruna dan taruni yang dihasilkan siap untuk mengabdi kepada negara. Lulusan dari sekolah ini pun nantinya juga harus bersedia untuk ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia. 

4. Politeknik Imigrasi 

Apabila kamu menyukai kegiatan kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia, maka kamu perlu mencoba mendaftar di Politeknik Imigrasi. 


Perguruan tinggi ini telah berdiri sejak lama, yaitu sejak tahun 1962. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah dua lembaga yang menaungi sekolah ini. 

Di sekolah ini fokus pendidikannya adalah pada 3 hal, yaitu pengajaran, pelatihan serta pengasuhan. Mahasiswanya akan didik menjadi sumber daya manusia unggul untuk bekerja di Direktorat Jendral Imigrasi dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Apakah kamu tertarik dengan dunia informatika dan siber? Apakah kamu tertarik dengan dengan hal-hal berkaitan dengan intelejen? Jika iya maka kamu wajib mendaftar di STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara) yang juga merupakan perguruan tinggi kedinasan jurusan IPS. Perguruan tinggi ini dikelola langsung oleh Badan Intelejen Negara, sehingga bukan termasuk kedinasan kementrian. 


Mahasiswa yang mengenyam pendidikan disini akan di tempa secara fisik dan mental. Para lulusan akan disiapkan menjadi masyarakat intelen yang memiliki kemampuan akademik dan keahlian proffesional. Sehingga diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dibidang intelejen untuk menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Di perguruan tinggi ini kamu dapat memilih dua program studi yang ditawarkan, yaitu Agen Intelejen dan Analisis Intelejen.

6. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) 

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial atau STKS ini berlokasi di jalan Ir. H. Juanda No. 367, Bandung, Jawa Barat. STKS telah berdiri sejak tahun 1964 di bawah Departemen Sosial, Kementrian Sosial. 

Perguruan tinggi ini memiliki jenjang diploma IV untuk Program Studi Pekerjaan Sosial dan Pasca Sarjana Spesialis S1 Pekerjaan Sosial (PS-1). 


Fokus utama dalam pendidikan di STKKS adalah mencetak lulusan yang andal dalam pekerjaan sosial, khususnya tenaga kerja sosial yang dibutuhkan untuk Kementrian Sosial. 


Demikianlah 6 perguruan tinggi kedinasan jurusan IPS yang dapat kamu pertimbangkan. Semoga beberapa informasi tersebut dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan studi selanjutnya.

Untuk Kamu nih yang saat ini mencari informasi terkait dengan perkembangan teknologi terutama pada Hp, bisa berkunjung di Blog seputar Hp
prayoga
prayoga ~ orang biasa