Jurusan Kedokteran Hewan - Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya - Belajar Bersama -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurusan Kedokteran Hewan - Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya

Dokter Hewan

belajarbersama.info - Dari sejumlah pilihan jurusan perkuliahan kedokteran, mungkin untuk jurusan kuliah dokter hewan masih belum begitu familiar di telinga masyarakat umum. Kendati demikian angka peminat jurusan tersebut ternyata semakin banyak dari tahun ke tahun. Untuk Kamu yang mempunyai minat maupun passion di bidang pengetahuan Biologi tak ada salahnya memilih jurusan pendidikan kedokteran hewan. 

Pasalnya minta besar di bidang ilmu Biologi maupun satwa tersebut nantinya dapat membantu Kamu menyukai pekerjaan setelah lulus dari bangku perkuliahan kedokteran hewan. Memang jurusan perkuliahan dokter hewan tidak begitu populer daripada kedokteran umum. Bahkan masyarakat umumnya cenderung kurang paham akan pentingnya jurusan satu ini. Padahal pekerjaan kedokteran hewan begitu penting untuk kehidupan bermasyarakat secara tak langsung. 

Mengenal Jurusan Kuliah Dokter Hewan 

Tak jarang terdapat anggapan kalau belajar di jurusan kuliah dokter hewan cenderung lebih mudah daripada fakultas ilmu kedokteran. Dengan demikian tak mengherankan kalau banyak orang meremehkan mereka yang mengenyam pendidikan dokter hewan. Ada pula beberapa mahasiswa bahkan menempatkan jurusan dokter hewan menjadi pilihan terakhir. 


Tentunya anggapan itu salah besar, pasalnya belajar di jurusan kuliah dokter hewan juga begitu serius. Sebab materi yang harus mahasiswa pelajari sangatlah banyak dan ada juga materi bidang praktikum terbilang cukup banyak. Jurusan satu ini juga sering melangsungkan ujian dan jadwal perkuliahannya padat satu minggu lamanya. 

Sebelum Kamu memutuskan memilih jurusan perkuliahan dokter hewan, pastikan telah mempersiapkan mental juga kemauan yang cukup kuat. Seperti dalam jurusan kedokteran lain mengenyam perkuliahan di jurusan tersebut juga membutuhkan keseriusan. Pasalnya kalau salah langkah maka nilai Kamu pun bisa saja anjlok serta waktu untuk kelulusan dapat tertunda. 

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Hewan

Profesi setelah lulus dari jurusan kuliah dokter hewan tentunya berhubungan dengan satwa. Meskipun dokter hewan tak sepopuler dokter lainnya seperti gigi maupun umum, pada kenyataannya peranan maupun fungsi keberadaan dokter hewan sangatlah penting juga dibutuhkan masyarakat. Karena itulah prospek di masa mendatang usai selesai perkuliahan dokter hewan sangatlah cerah dengan pilihan profesi beragam. 

1. Menjadi Dosen Spesialis Kesehatan Hewan 

Prospek yang bisa Kamu lirik setelah lulus dari jurusan kuliah dokter hewan yaitu dosen spesialis kesehatan satwa. Menjadi dosen spesialis mengartikan Kamu nantinya melangsungkan dua hal sekaligus. Hal pertama yaitu mengajar berikutnya melakukan penelitian tertentu. Pasalnya menjadi seorang dosen nantinya menuntut Kamu aktif dalam melangsungkan penelitian. 


Tentu saja kegiatan tersebut selain mengerjakan tugas utama yakni menjadi seorang pengajar. Kalau Kamu senang atas dua dunia tersebut dan hendak menggelutinya dengan jurusan perkuliahan dokter hewan maka dapat juga melirik sebagai dosen spesialis untuk kesehatan hewan pula. Untuk perkiraan serta rata-rata gajinya sekitar mulai dari 3 juta sampai 5 juta rupiah. 

2. Profesi Quality Control 

Sebagai lulusan dari jurusan kuliah dokter hewan, Kamu juga bisa berkemungkinan bekerja menjadi quality control. Adapun profesi tersebut tentu saja berhubungan dengan satwa. Contohnya saja Kamu dapat menjadi quality control di suatu industri bidang pakan ternak. Sementara itu untuk kisaran rata-rata gajinya bisa mulai dari 3 juta sampai 6 juta rupiah. 

3. Menjadi Dokter Hewan 

Tentu saja profesi satu ini menjadi yang paling banyak digeluti para lulusan jurusan kuliah dokter hewan. Tugas dokter hewan pada dasarnya sama dengan dokter umum manusia pada umumnya. Hal yang membedakan yaitu sebagai dokter hewan mengartikan yang Kamu periksa atau rawat nantinya hanyalah hewan saja. Sedangan perkiraan rata-rata gajinya bisa sebesar 4,5 juta sampai 6,5 juta. 

4. Ahli Ilmu Bidang Hewan dan Satwa Liar 

Untuk Kamu yang memiliki mimpi berkarir, meneliti maupun mengurus semua perilaku, asal usul, genetik sampai proses kehidupan satwa bisa jadi profesi satu ini cocok bagi Kamu. Dengan mengenyam pendidikan dokter hewan, Kamu dapat menjadi seorang ahli ilmu bidang hewan serta satwa liar. 


Bukan hanya satwa liar, nantinya Kamu bisa menganalisis habitat tempat hewan tersebut hidup. Sementara perkiraan rata-rata gajinya mulai dari 4 juta dan sebesar 6,5 juta bahkan bisa naik dari tahun ke tahun. 


5. Peneliti Para Hewan 

Kalau Kamu menyukai eksperimen serta melakukan sejenis penelitian tentang satwa bisa saja berkarir menjadi peneliti hewan merupakan pekerjaan yang begitu cocok. Profesi tersebut sangat mungkin Kamu pilih usai lulus dari jurusan kuliah dokter hewan. Kamu dapat mengadakan bermacam riset penitng dan kemudian hasilnya dipublikasikan. Hal ini tentunya begitu bermanfaat untuk masyarakat luas terlebih pecinta hewan. Rata-rata penghasilannya bisa mulai dari 4 juta rupiah sampai 6 juta rupiah. 

6. Teknisi dan Ahli Bidang Teknologi Dokter Hewan 

Kalau Kamu ingin mampu membantu para dokter hewan saat melakukan pembedahan satwa atau mungkin saja melangsungkan tes medis guna mendiagnosa hewan bahkan dapat mempersiapkan vaksin maupun serum demi mencegah adanya penyakit yang timbul pada hewan maka penting untuk mengenyam pendidikan tersebut. 


Jika Kamu hendak memiliki pekerjaan seperti itu maka dapat menjalani karir menjadi teknisi juga ahli teknologi dokter hewan. Sedangkan untuk perkiraan rata-rata pendapatannya bisa mulai dari 4 juta sampai 6 juta rupiah. 

7. Ahli Peternakan Serta Perkembangbiakan Hewan 

Profesi berikutnya yang bisa Kamu geluti setelah lulus dari jurusan kuliah dokter hewan adalah ahli peternakan serta perkembangbiakan hewan. Profesi tersebut sangat cocok untuk Kamu yang tahu tentang seluk beluk satwa serta mengerti cara menjaga kesehatan para hewan. 


Prospek setelah lulus dari jurusan kuliah dokter hewan tersebut menjadi alasan kuat untuk Kamu memilih jurusan satu ini. Share ke teman-teman kamu jika bermanfaat. Goodluck:)

Post a Comment for "Jurusan Kedokteran Hewan - Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya"