Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Ini Dia Cara Penilaian UTBK 2023 Dengan Sistem IRT

UTBK 2022/2023

belajarbersama.info - Saat ini siswa kelas 12 SMA tentunnya sudah memikirkan tentang studi mereka selanjutnya. Tak sedikit dari mereka yang memiliki keinginanan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri. Namun untuk bisa diterima, siswa perlu melalui proses seleksi yang ketat seperti UTBK SBMPTN. Seleksi ini tidaklah mudah karena pesaingnya sangatlah banyak. Setidaknya, siswa harus memiliki strategi yang matang dan juga mengetahui bagaimana cara penilaian UTBK 2022/2023. 

Cara Penilaian UTBK 2022/2023 Dengan Sistem IRT 

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah salah satu syarat untuk diterima di perguruan tinggi negeri. Tanpa adanya nilai dari UTBK, maka siswa tidak dapat mengikuti ujian SBMPTN. Selain itu, sistem penilaian UTBK setiap tahunnya dapat berbeda-beda. Sehingga, penting untuk memahaminya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 
Lalu bagaimanakah cara penilaian UTBK 2022/2023? 
Berdasarkan beberapa informasi yang didapatkan, cara penilaian UTBK 2022/2023 adalah dengan menggunakan sistem penilaian IRT. Didalam sistem penilaian ini, nantinya akan dilakukan pembobotan nilai yang berbeda-beda pada setiap subtesnya. 

Berikut Ini Adalah Penjelasan Dari konsep Penilaian Tersebut : 
  1. Pada Tahap Pertama
    Penilaian dilakukan dengan memberikan skor 1 pada jwaban yanag benar. Sedangkan untuk jawaban yang tidak diisi atau kosong diberikan skor 0. 
  2. Pada Tahap Kedua
    Digunakan pendekatan menggunakan teori respons butir atau IRT (Item Response Theory). Di tahap ini, pemberian skor tidaklah sama untuk setiap soal, melainkan disesuaikan dengan tingkat kesulitan soal-soal tersebut. 
  3. Di Tahap Ketiga
    Penilaian akan dilakukan berdasarkan tiap-tiap soal yang diperoleh dari tahap kedua. Peserta akan mendapatkan skor yang tinggi apabila berhasil mengerjakan soal yang sulit. Demikian sebaliknya, peserta akan mendapat skor yang rendah untuk soal yang lebih mudah. 

Setelah menyelesaikan soal UTBK, peserta akan memperoleh jumlah skor yang bervariasi. Gambarannya adalah sebagai berikut : 
  1. 300-400 
  2. 401-500 
  3. 501-600 
  4. 601-700 
  5. 701-800 
  6. 801-900 
  7. >900 
Sebelum melaksankan ujian, sebenarnya peserta juga bisa mencoba untuk memperoleh skor tersebut. Gambaran skor UTBK tersebut umumnya dikeluarkan oleh pihak-pihak tertentu yang mengadakan Try Uut. Namun, nilai tersebut tidak lain hanyalah sebuah prediksi. 


Meskipun demikian, nilai presiksi yang diperoleh dari cara penilaian UTBK 2022/2023 tersebut dapat menjadi pemacu untuk berusaha lebih keras lagi. Misalnya, apabila peserta mendapatkan skor di bawah 300 artinya peserta akan lebih cocok untuk memasuki perguruan tinggi dan jurusan yang tingkat persaingannya tidak terlalu ketat. Adapun sebaliknya, peserta yang bisa mendapatkan skor diatas 900 bisa optimis untuk memasuki jurusan yang sulit ataupun perguruan tinggi favorit. 

Gambaran Jumlah Soal UTBK 

Setelah mengetahui cara penilaian UTBK 2022/2023, peserta juga perlu gambaran jumlah soal yang akan dikerjakan nantinya. Jenis soal yang dikerjakan ada 3, yaitu TPS, Saintek, dan Soshum. Berikut adalah rinciannya : 

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS), jumlah skornya adalah 120 
  2. UTBK kelompok Saintek, jumlah soal yang harus dikerjakan adalah 80 yang mana masing-masing bidang adalah 20 soal 
  3. UTBK kelompok Soshum, jumlah soal yang dikerjakan sama dengan Saintek, yaitu 80 dengan masing-masing bidangnya adalah 20 soal. Hal ini dikarenakan soal matematika IPS tidak ikut dimasukkan. 

Pada keseluruhan jumlah soal yang harus dikerjakan, umumnya soal Saintek atau Soshum tingkat kesulitannya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan TPS. Oleh karena itu, diperlukan penguasaan lebih dalam sesuai dengan bidang materi masing-masing. Terlebih bagi peserta yang mengambil jenis campuran, perlu belajar dengan ekstra karena harus mempelajari saintek dan soshum sekaligus. 

Informasi Penilaian UTBK 2022/2023 

Sebelumnya pada tahun 2022 ketua LTMPT telah mengumukan bahwa cara penilaian akan dilakukan secara bersamaan baik pada gelombang 1 maupun gelombang 2. Artinya setelah dilakukan kedua seleksi tersebut, barulah akan di lakukan skoring bersama, bukan secara terpisah. Meskipun demikian, banyak berita hoax yang justru menyatakan hal sebaliknya. 


Agar seleksi UTBK ini dapat berjalan dengan baik, peserta diharapkan untuk menghindari informasi cara penilaian UTBK 2022/2023 yang beredar kecuali dari pihak LTMPT. Terlebih apabila seleksi UTBK tersebut belum dimulai. Karena, pada umumnya banyak pihak tertentu yang menyebarkan berita hoax demi keuntungan tertentu. 

Tips dan Trik Mengerjakan Soal dengan Cara Penilaian UTBK 2022/2023 

Selain mengetahui cara penilaian UTBK 2022/2023, peserta juga perlu mengetahui beberapa tips dan trik pengejraan soal agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Inilah beberapa tips dan trik yang perlu kamu ketahui : 

  1. UTBK umumnya diberikan waktu pengerjaan yang terbatas. Oleh karena itu, ketika sedang mengerjakan soal, kerjakanlah yang lebih mudah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih menghemat waktu pengerjaan dan juga memperbesar peluang menjawab soal dengan benar. 
  2. Jangan terlalu fokus dalam mengerjakan soal yang sulit untuk mendapatkan skor tinggi. Sebab, kesesuaian skor dengan tingkat kesulitan soalnya tidak ditentukan oleh masing- masing peserta, melainkan dari pihak yang memberikan penilaian. 
  3. Setelah berhasil menyelesaikan soal-soal yang mudah, maka kerjakanlah soal yang lebih sulit. Untuk mempermudah pengerjaan, cobalah untuk mengeliminasi jawaban yang sekiranya salah. Dengan demikian, peluang kamu untuk menjawab soal dengan benar akan semakin besar.

Itulah informasi mengenai cara penilaian UTBK 2022/2023 beserta beberapa tips dan triknya. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang berjuang meraih pegruruan tinggi impian. Berusahalah secara maksimal agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa kepada Tuhan agar senantiasa diberikan kemudahan. 

Untuk Kamu yang ingin mencari media berita terupdate dan terpercaya dari berbagai sumber, bisa berkunjung di Bewara
prayoga
prayoga ~ orang biasa